Menhan AS: Serang Iran Akan Membahayakan Ekonomi Dunia

Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Leon Panetta mengingatkan bahwa melakukan penyerangan militer terhadap Iran akan sangat membahayakan perekonomian dunia. “Ada konsekuensi ekonomi yang sangat besar bila dilakukan penyerangan kepada Iran. Dampaknya bukan hanya pada ekonomi kami, melainkan juga ekonomi dunia,” ujar Panetta pada Kamis (17/11/2011). Menurut Panetta, Aksi militer terhadap Iranakan berdampak luar biasa, diantaranya akan membahayakan keberadaan 10 ribu pasukan Amerika Serikat di sana. Selain itu, Iran merupakan salah satu produsen minyak terbesar di dunia, sehingga jika ada serangan militer ke negeri tersebut dampaknya tak hanya soal keamanan, melainkan pada ekonomi AS dan dunia. Panetta yang saat itu sedang berbincang dengan
Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak menegaskan, AS lebih memilih untuk melakukan tekanan diplomatik dan memberlakukan sanksi ke Iran.

AS sebelumnya juga sudah menegaskan akan bahaya yang akan dihadapi bila Israel menyerang Iran. AS dan negara-negara Barat lainnya memutuskan untuk tidak mendukung serangan terhadap Iran, melainkan hanya akan menambah dan memperkuat sanksinya terhadap Iran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s