Soal Ahmadiyah, Kongres AS Tekan SBY

Soal Ahmadiyah, Kongres AS Tekan SBY

Para menteri SBY, khususnya Menteri Agama Suryadharma Ali mengaku belum mengetahui isi surat tersebut. Tetapi Suryadharma menyebut surat berkaitan Ahmadiyah yang ditandatangani 27 anggota Kongres Amerika Serikat sebagai hal biasa. “Saya belum baca suratnya sehingga belum tahu isinya. Surat itu ditujukan kepada Bapak Presiden, jadi biarlah beliau yang terlebih dahulu mengetahui isinya,” kata Ketua Umum PPP itu di sela-sela kunjungan kerja ke Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Barat, Jumat pagi (18/3/2011). Suryadharma mengatakan, adalah hal biasa bagi Kongres AS mengirimkan surat semacam itu. “Karena itu, kita juga anggap hal itu biasa- biasa saja,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Kamis, mengatakan pemerintah akan mendalami surat tersebut. “Saya dikabarkan bahwa ada surat dari kongres, dari 27 anggota kongres. Saya sendiri belum melihat suratnya yang konon menyampaikan keprihatinan tentang masalah perlakuan dari kelompok Ahmadiyah. Itu yang saya dengar,” kata Marty. Dia sudah memastikan kepada staf bahwa memang ada surat masuk. Namun, dia belum bisa memberi tanggapan karena belum melihat langsung. “Saya sendiri sudah mengecek ada surat masuk tapi saya belum bisa confirm, karena saya belum lihat,” katanya. Hal yang sama diungkapkan oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi.

Dia mengaku belum menerima atau membaca surat tersebut. Gamawan juga belum mengetahui apakah surat dari kongres itu berisi pernyataan yang menganggap Surat Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama dan Jaksa Agung sebagai pemicu masalah. Menurut Gamawan, SKB adalah keputusan yang telah melalui berbagai pembahasan oleh berbagai pihak. “Dari unsur agama juga ikut, bukan pemerintah saja. Itu keputusan terbaik ketika itu,” katanya.

Tinggalkan Balasan

